Perencanaan Bisnis /Studi Kelayakan Investasi

Mengapa harus menyusun Business Plan? Apa pengaruhnya?

Business Plan adalah bagian penting untuk kesuksesan sebuah bisnis. Business Plan adalah alat untuk melakukan proyeksi dan agar siap menghadapi segala resiko yang terjadi dikemudian hari.

Berikut ini manfaat-manfaat yang dapat diambil dari penyusunan businees plan yang baik.

  1. Merupakan alat untuk mencari modal dan pinjaman kepada lembaga keuangan pemberi kredit.
  2. Merupakan alat komunikasi untuk menarik orang lain, pemasok, konsumen, investor. Dengan adanya business Plan membuat mereka mengerti tujuan dan cara operasional bisnis
  3. Menyediakan blueprint sehingga tujuan, operasional bisnis dan pengawasan menjadi efektif.

Secara garis besar ada 3 ( tiga ) komponen penting dalam business plan yang disusun, yaitu:

  1. Konsep Bisnis

Konsep bisnis merupakan ide bisnis tertulis yang berisi Visi misi sebuah bisnis, dan nilai produk atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan dan menunjukkan bahwa anda sangat kompeten dalam bisnis ini.

  1. Market / Pasar

Analisa mengenai situasi pasar : Pelanggan, pesaing, proses distribusi, dan promosi. Dalam hal ini perlu dibuat sebuah marketing plan yang matang yang menjabarkan rencana pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka memenangkan persaingan, dan mencapai target yang telah ditentukan.

  1. Financial

Menjelaskan tentang situasi keuangan yang terdiri dari Income statement, Balance sheet, Cash flow, dan ratio. Financial Plan disusun dengan cara menentukan secara actual jumlah dana yang dibutuhkan untuk memulai kegiatan bisnis dan dana yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional perusahaan.