SMARTLIGHT

LAYANAN

Produk dan Layanan yang Kami Berikan

INVESTIGATION

Investasi Pasar

Sebelum menjalankan strategi pemasaran, perusahaan terlebih dulu harus mengenali siapa saja pelanggan mereka, apa saja yang disukai, dan bagaimana kondisi para pesaing/ kompetitor. Di sinilah peran dari market intelligence. Tanpa investigasi pasar, perusahaan hanya menjual produk secara membabi buta. Tidak efektif, tidak tepat sasaran, dan seakan-akan menjual dalam kegelapan.
Akan tetapi, melalui market intelligence, perusahaan dapat memahami trend produk yang sedang disukai masyarakat, termasuk bagaimana perilaku konsumen juga kegiatan yang sedang dilakukan para kompetitor.

MONITORING

Berita dan Sosial Media Monitoring

Secara umum, media monitoring adalah kegiatan untuk memantau, membaca, mendengar, dan melihat konten-konten secara online maupun offline untuk dianalisa sesuai kebutuhan perusahaan. Tentunya, konten-konten yang dianalisa harus memiliki kaitan atau relevan dengan topik tertentu sesuai kebutuhan perusahaan. Selanjutnya, melalui jasa media monitoring, perusahaan juga dapat memantau respon pasar terhadap suatu produk barang atau jasa yang telah diriilis. Cara paling mudah adalah memantau melalui media sosial atau social media. Menurut pengertiannya, social media monitoring merupakan cara untuk mengidentifikasi dan menganalisa opini dan respon para pengguna terhadap suatu brand, tokoh, atau perusahaan. Cara menganalisa opini ini diperoleh dengan memantau berapa banyak respon pengguna di media sosial terkait kata kunci yang relevan. Kemudian, data diolah hingga menjadi data yang valid dan bisa dimanfaatkan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan perusahaan terkait isu atau topik yang muncul
SURVEY

Survei Poling dan Kuesioner

Apa yang terlintas dalam benak anda ketika mendengar istilah survei polling atau kuisioner? Apakah wawancara atau mengisi formulir berisi sejumlah pertanyaan? Ya, tampak sangat sederhana dan familiar sekali, bukan? Tapi, sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan survei polling dengan efektif.

Bahkan, jika dilakukan tanpa planning yang baik, survei polling tidak akan menghasilkan data yang valid. Parahnya lagi, bisa membuat anggaran survei membengkak. Tentunya, anda tak mau merugi tanpa hasil apa-apa, benar? Untuk itu, anda perlu mengikuti panduan agar bisa melakukan survei dengan efektif dan efisien, baik melalui telepon, tatap muka, maupun digital.

Cara mengumpulkan data hasil survei polling dan kuisioner ada beberapa metode. Antara lain wawancara secara langsung, bertatap muka, melalui telepon, hingga secara online. Saat ini metode survei polling atau kuisioner secara online juga sudah bukan hal yang aneh. Sebab, ada beberapa platform atau aplikasi yang sengaja dibuat untuk memfasilitas hal tersebut. Para responden hanya perlu mengunjungi website atau membuka aplikasi tertentu dari smartphone atau laptop untuk menjawab pertanyaan kuisioner yang diajukan. Atau metode digital lainnya adalah membuat survei via email, melalui media sosial, sampai memakai jasa survei polling profesional. Sebab, dengan memakai jasa survei polling berpengalaman dan profesional, validitas data hasil akhirnya bisa lebih dipertanggungjawabkan. Selain itu, selama proses pengumpulan data survei polling ini juga bisa ditentukan sesuai kesepakatan bersama. Terutama, bagi perusahaan atau bidang ekonomi, sosial dan politik.

RESEARCH

Risest Sosial-Politik

Dalam Meraih simpatisan dan kemenangan atas pemilihan umum (pemilu) maupun pemilihan kepala daerah (pilkada), para peserta kandidat pilkada dan pemilu biasanya memiliki strategi masing-masing untuk mencapai target perolehan suara.

Salah satu strateginya adalah memakai jasa riset survei untuk kampanye politik. Jasa riset survei kampanye politik sebagai komponen pemasaran politik dapat mengidentifikasi kebutuhan dari tim sukses. Dari berbagai survei dan polling nantinya bisa diperoleh berbagai data penting berkaitan dengan kemenangan calon kandidat. Yang paling penting, hasil dari survei bisa mengenali dan membaca ciri dan karakter apa yang diinginkan sebagian besar pasar politik.

Dari data hasil jasa riset atau survei politik tersebut, nantinya tim sukses dari calon kandidat pemilu atau pilkada dapat lebih mudah mengambil keputusan penting. Misalnya, daerah atau kota mana saja yang bisa dimaksimalkan dalam perolehan suara. Atau, bagaimana harus melancarkan kampanye politik yang efektif serta persuasif terhadap pihak-pihak yang potensial akan memilih calon kandidat tersebut.

RESEARCH

Riset Survei Persepsi Masyarakat

Sudut pandang atau persepsi masyarakat terhadap suatu kebijakan pemerintah, ternyata bisa menjadi indikator dalam penyelenggaraan pemerintah yang unggul. Jika indeks kepuasan masyarakat semakin tinggi, berarti bisa dikatakan bahwa kebijakan pemerintah yang diberlakukan sudah tepat dan efektif. Akan tetapi, bagaimana cara untuk mengetahui bahwa masyarakat sudah cukup puas dan senang dengan kebijakan pemerintah? Salah satu cara yang dilakukan adalah menerapkan survei kepuasan masyarakat.

Menurut Permenpan No. 16 Tahun 2014, secara umum pengertian dari survei kepuasan masyarakat merupakan cara atau metode untuk mengidentifikasi kegoatan tentang tingkat kepuasan masyarakat. Melalui survei tersebut, bisa mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan atau subyek yang terdampak langsung dengan kebijakan yang diberlakukan.

PLANNING

Perencanaan Bisnis (Business Plan) dan Perencanaan Pemasaran (Marketing Plan)

Ada orang yang mengatakan bahwa bisnis sukses itu adalah bisnis yang dijalankan. Namun kenyataannya, ketika bisnis berjalan tanpa rencana, justru bisa berakhir bencana. Maka itu, para pelaku bisnis perlu membuat business plan dan marketing plan. Keduanya merupakan perpaduan yang sinergis untuk menjalankan sebuah bisnis. Ibarat menempuh perjalanan, dengan rencana yang matang, maka kita bisa mengetahui arah dan bagaimana menuju tujuan tersebut. Sama halnya dalam berbisnis. Dibutuhkan business plan dan marketing plan yang detail dan terarah.

Apa itu Business Plan dan Marketing Plan?

Secara umum, businesss plan adalah rencana bisnis yang meliputi rancangan atau strategi untuk mencapai tujuan dari bisnis yang dijalankan. Dengan adanya business plan, biasanya akan lebih mudah bagi sebuah bisnis mendapatkan suntikan dana atau modal dari para investor, karena arah dan tujuan bisnisnya sudah jelas. Sedangkan, marketing plan atau rencana pemasaran adalah strategi memasarkan produk jasa atau barang agar bisa mencapai target penjualan. Dari keduanya, agar bisa berjalan efektif dan sesuai ekspektasi bisnis, dibutuhkan analisa yang mendalam tentang berbagai hal. Sebagai contoh, rencana pemasaran atau marketing plan membutuhkan analisis lingkungan untuk mengidentifikasi keberhasilan atau kegagalan bisnis. Salah satunya seperti analisa untuk menentukan kelemahan dan kekuatan internal perusahaan (SWOT).

ANALYSIS

Analisa Dampak Sosial Ekonomi

Anda merupakan pemilik bisnis yang ingin mendirikan toko modern atau toko swalayan? Sebelum mendirikan toko retail modern atau toko swalayan saat ini dibutuhkan beberapa dokumen dan persyaratan yang perlu dilengkapi. Di antaranya seperti Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS).

Menurut peraturan atau undang-undang yang diberlakukan oleh pemerintah saat ini, Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS) harus dimiliki pebisnis yang akan membangun suatu toko modern atau proyek infrastruktur terkait.
Dengan adanya izin usaha tersebut, perusahaan memiliki legalitas yang sah dan bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, izin usaha tersebut juga akan memudahkan segala urusan terkait aktivitas operasional perusahaan yang lebih aman dan dilindungi undang-undang.

Di sinilah pentingnya jasa konsultan analisa dampak sosial ekonomi yang akan membantu pelaku bisnis mendapatkan izin usaha toko swalayan (IUTS) atau izin usaha toko lainnya.
Hasil data analisa dan riset dari jasa konsultan dapat dipergunakan sebagai syarat memperoleh izin usaha toko swalayan tersebut sesuai undang-undang yang berlaku. Dokumen hasil riset sangat penting bagi pemilik bisnis toko modern atau toko retail agar aktivitas operasionalnya legal di mata hukum. Hal ini juga berlaku bagi toko yang baru dibangun maupun memperbarui izin usaha lama yang sudah habis masa berlaku.

FEASIBILITY

Studi Kelayakan untuk Usaha dan Proyek

Membangun sebuah bisnis atau usaha dari awal, anda tak boleh melewatkan studi kelayakan. Riset kelayakan suatu bisnis atau proyek bisnis ini berperan besar ketika bisnis masih dirintis maupun ketika sudah berjalan. Tak heran apabila kemudian muncul jasa pembuatan studi kelayakan untuk usaha maupun proyek bisnis.

Sebab, ada kalanya sebagai pengusaha tidak memiliki banyak waktu atau sumber daya untuk menangani studi kelayakan sendiri. Dengan memakai jasa konsultan jasa pembuatan studi kelayakan yang ahli dan kompeten, pengusaha bisa lebih fokus pada hal-hal lain yang lebih penting untuk mengembangkan bisnisnya.

Konsultan pembuatan studi kelayakan akan memberikan ide-ide bisnis, perencanaan pemasaran, dan berbagai kajian ulang sampai audit dari bisnis yang akan dijalankan. Konsultan feasibility studi akan menganalisa kelayakan suatu ide untuk diputuskan apakah suatu bisnis atau proyek layak dijalankan sebelum masuk ke fase awal pengembangan bisnis.

Need Help? Chat with us
Scroll to Top